twitter

Pages

Senin, 25 Mei 2015

Dari Ajang Lomba Kreasi Diversifikasi Olahan Pangan Lokal Kreasi Unik ‘Olahan Tepung Sagu’ Raih Juara II


Dari Ajang Lomba Kreasi Diversifikasi Olahan Pangan Lokal
Kreasi Unik ‘Olahan Tepung Sagu’ Raih Juara II


Berani tampil beda, 2 (dua) mahasiswa Tristar Institute BSD raih juara II dari ajang lomba kreasi diversifikasi olahan pangan lokal. Dengan berbahan dasar tepung sagu, Harial Arief Pramana dan Andreas Prabu Maheswara, menyajikan kreasi makanan yang dibuat cukup unik. Makanan apa saja itu?.

Lomba masak yang diselenggarakan Kementerian Pertanian Republik Indonesia ini mengangkat tepung sagu sebagai bahan dasar dalam penerapan teknologi pengolahan hasil pertanian. Lomba yang diikuti mahasiswa dari berbagai tingkat perguruan tinggi ini mengolah bahan dasar menjadi tiga hidangan, yaitu appetizer, maincourse dan dessert. 
Dalam lomba ini mahasiswa Tristar Institute BSD membuat pangan lokal tepung sagu menjadi kreasi hidangan dengan tampilan modern dan rasa yang unik, diantaranya Sagu Fish Ball Soup dan Ote-Ote Porong with mixed vegetables with peanut sauce sebagai appetizer, lalu Tenderloin Steak Semur with Urap-Urap dan Mashed Potato Sagu with Semur Foam sebagai main course dan yang terakhir Cookies Sagu Milk Crepes with Vanilla Sagu Vla untuk hidangan dessert.
“Ide mengolah tepung sagu menjadi beragam sajian ini berasal dari kami sendiri. Untuk membuatnya, kami memadukan ilmu kuliner dan pastry yang telah kita peroleh dikampus dengan beberapa referensi dari internet ataupun buku memasak,” kata Harial dan Prabu saat ditemui dikampus Tristar Institute Jakarta yang bertempat di Kompleks Ruko BSD sektor 7 Blok RL 31-33 Serpong – Tangerang.
Menurut Harial dan Prabu, masakan yang ditampilkan dalam lomba ini cukup memiliki tingkat kesulitan. Dengan memadukan culinology yaitu perpaduan antara seni kuliner dan teknologi pangan saat membuat saus ‘semur foam’, ia mengaku harus mencoba hingga beberapa kali hingga menemukan komposisi yang tepat. 


Atas keberhasilannya, Harial dan Prabu mengaku senang dapat membawa nama kampus Tristar Institute BSD menjadi juara II. Dengan adanya lomba masak ini diharapkan dapat terus memberikan dorongan kepada masyarakat khususnya generasi muda untuk lebih kreatif menggunakan pangan lokal menjadi kreasi yang unik. 

Bertambah lagi prestasi membanggakan yang diraih mahasiswa Tristar Institute Jakarta. Anda ingin seperti mereka ? Sekolah Tristar Institute BSD bisa jadi pilihan untuk pendidikan dibidang kuliner. *Upi














 
 
























Sekolah Kuliner & Akademi Perhotelan
Info Kuliah di Jakarta:
Kampus BSD Serpong Jakarta:
S1 Culinary Business (SE)
S1 Hotel Management (SE)
S1 Food Technology (STP)

Tristar Institute – Serpong Jakarta
Komplek Ruko BSD Sektor 7. Blok RL 31-33.
Telp : 021-5380668.
HP : 081286358533.
PIN BB : 2A96E298.
Fax : 021-53155652.

GALAXY TRAINING CENTRE JAKARTA
Kursus Wira Usaha & Teknologi Pangan
Telp: 021-53151389.
Flexi: 021-49111425. PIN BB: 2A8798AE
Simpati: 081318230199. IM3: 085775501848.
Serpong - Tangerang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar